Sasaran
- Terwujudnya mahasiswa dan alumni yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif serta profesional
- Terwujudnya sistem akademik yang terintegrasi sesuai dengan kebutuhan stake holder dan catur darma perguruan tinggi Muhammadiyah
- Terwujudnya peningkatan proses pembelajaran yang berbasis pendekatan saintifik.
- Terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia, sarana dan prasarana pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bertaraf internasional.
- Terwujudnya peningkatan reputasi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
- Terwujudnya peningkatan kerjasama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bertaraf nasional maupun internasional
- Terwujudnya tata kelola program studi yang sesuai dengan prinsip good university governence
- Terwujudnya nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan dalam pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah
Strategi Pencapaian
Sasaran dan Strategi Pencapaian Prodi P. Biologi
Tujuan 1: Menghasilkan sarjana pendidikan biologi yang memiliki keunggulan kompetensi baik kompetensi pedagogik, professional, kepribadian, dan social, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan menjunjung tinggi nilai-nilai islami. | |||||||
Sasaran 1.1: Tersusunnya dan tersosialisasinya visi, misi dan tujuan program studi yang realitis dan jelas | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
Membangun kesadaran civitas akademika prodi untuk selalu menerapkan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi dengan baik | sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran program studi yang terencana, dan berkelanjutan kepada dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan stakeholder | Jumlah kegiatan sosialisasi | 5 | 8 | 15 | 20 | 25 |
Jumlah media sosialisasi | 3 | 5 | 7 | 10 | 15 | ||
Sasaran 1.2 Peningkatan kualitas akademik yang berbasis riset dan Ipteks | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | |||
Pemenuhan perangkat perkuliahan | Program peningkatan perangkat pembelajaran berbasis riset dan Ipteks | Persentase jumlah mata kuliah yang mempunyai Silabus dan SAP | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 |
Persentase jumlah mata kuliah yang mempunyai kesesuaian materi dengan SAP | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 | ||
Persentase mata kuliah yang mempunyai jumlah tatap muka minimal 14 kali per semester | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 | ||
Diktat kuliah | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 | ||
Diktat praktikum | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 | ||
Penyelenggaraan perkuliahan berbasis SCL | Program perkuliahan dengan pendekatan project base learning | Prosentase jumlah matakuliah berbasis project | 5 | 10 | 30 | 40 | 50 |
| Program perkuliahan berbasis lesson study | Prosentase jumlah matakuliah berbasis lesson study | 10 | 25 | 30 | 40 | 50 |
Pengendalian mutu pembelajaran dan mahasiswa | Program evaluasi perangkat pembelajaran dan jaminan mutu program studi | Prosentase jumlah soal uts dan uas yang tervalidasi | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 |
Jumlah audit mutu internal | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | ||
Pengendalian mutu mahasiswa | IPK rata-rata mahasiswa | 3 | 3, 10 | 3,15 | 3, 25 | 3,3 | |
Masa studi mahasiswa | 4,5 | 4,5 | 4,4 | 4,3 | 4,2 | ||
Sasaran 1.3 Peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran dan praktikum | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
Peningkatan kualitas sarana pembelajaran yang baik dan nyaman | Program peningkatan kenyamanan ruang perkuliahan | Prosentase jumlah AC dalam ruang kelas | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 |
Prosentase jumlah kursi yang sangat baik dalam ruang kelas | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 | ||
Kebersihan dan kerapihan ruang perkuliahan yang terjaga | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 | ||
Penyediaan sarana praktikum yang lengkap | Program penyediaan sarana praktikum melalui perbaikan, pengadaan dan optimalisasi fasilitas layanan yang tersedia | Prosentase jumlah alat yang mendukung kegiatan praktikum mahasiswa | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 |
Peningkatan kualitas sarana praktikum | Program penyediaan sarana praktikum yang berkualitas terstandar | Prosentase jumlah alat yang berkualtias baik dan terstandar untuk mendukung kegiatan praktikum mahasiswa | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 |
Sasaran 1.4 Peningkatan dan pengembangan kualitas SDM | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
Pemenuhan dosen yang berkualitas sesuai standar minimal | Program peningkatan kualitas akademik dosen | Jumlah dosen yang berpendidikan S3 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
|
| Jumlah dosen yang memiliki jabatan fungsional lektor/lektor kepala | 4 | 5 | 7 | 10 | 12 |
Program peningkatan memperoleh HAKI | Jumlah dosen yang mengirimkan usulan HAKI | 1 | 2 | 4 | 7 | 10 | |
Jumlah dosen yang memperoleh HAKI | 1 | 2 | 4 | 6 | 8 | ||
Sasaran 1.5 Peningkatan manajemen program studi | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
Audit internal | Pelaksanaan audit internal oleh TPMPS kesemua bagian | Prosentase jumlah bagian yang diaudit | 40 | 50 | 60 | 80 | 100 |
Pelaksanaan audit internal oleh LPMPAI kesemua bagian | Prosentase jumlah bagian yang diaudit | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 | |
Audit eksternal | Pelaksanaan penjaminan mutu eksternal dengan persiapan dan upaya akreditasi program studi | Peringkat Akreditasi Program Studi | B | B | A | A | A |
Sasaran 1.6 Peningkatan kualitas lulusan | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
Peningkatan partisipasi dan prestasi mahasiswa sesuai peminatan dan bakat | Program peningkatan mahasiswa berprestasi | Prosentase jumlah mahasiswa yang berpartisipasi aktif dalam bidang minat dan bakat | 20 | 30 | 40 | 60 | 75 |
Jumlah kejuaraan tingkat regional maupun nasional yang diraih mahasiswa sesuai dengan minat dan bakat | 5 | 7 | 9 | 12 | 15 | ||
Peningkatan partisipasi dan prestasi ilmiah mahasiswa melalui program hibah pemerintah atau swasta | Program intensif pelatihan dan pembimbingan penyusunan proposal PKM | Jumlah proposal PKM yang terkirim | 10 | 15 | 20 | 25 | 30 |
Jumlah proposal yang didanai | 3 | 5 | 7 | 9 | 12 | ||
Jumlah mahasiswa yang masuk PIMNAS | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
Peningkatan tracer study | Program optimalisasi pelacakan alumni | Jenis media yang digunakan untuk tracer study | 3 | 5 | 6 | 8 | 10 |
Persentase jumlah alumni dan stakeholder yang merespon tracer study | 15 | 25 | 30 | 35 | 40 | ||
Sasaran 1.7 Pengembangan kurikulum | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
Terwujudnya sistem akademik yang terintegrasi sesuai dengan kebutuhan stakeholder dan tri dharma perguruan tinggi | Program peningkatan perencanaan, pengembangan, pemutakhiran dan peningkatan penggunaan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder | Prosentase keterlibatan stakeholder dalam penyusunan dan peninjauan kurikulum | 5 | 8 | 10 | 15 | 20 |
Prosentase keterlibatan alumni dalam penyusunan dan peninjauan kurikulum | 5 | 10 | 12 | 15 | 20 | ||
Kegiatan studi banding dalam penyusunan dan peninjauan kurikulum | Ada | Ada | ada | ada | Ada | ||
Tujuan 2. Menghasilkan sarjana pendidikan biologi yang memiliki kemampuan dalam pengelolaan, laboratorium sehingga dapat menjadi tenaga laboran | |||||||
Sasaran 2.1 Peningkatan kualitas SDM dalam pengelolaan laboratorium | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
Penyediaan tenaga pendidik yang tersertifikasi dalam pengelolaan laboratorium | Program sertifikasi dosen dalam pengelolaan laboratorium | Jumlah dosen yang tersertifikasi dalam pengelolaan laboratorium | 1 | 1 | 2 | 3 | 3 |
Sasaran 2.2 Pengembangan kurikulum yang mendukung pada kemampuan pengelolaan laboratorium | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
Penyediaan kurikulum pengelolaan laboratorium | Program peningkatan sarana dan prasana perkuliahan yang memadai | Prosentase kelengkapan seperangkat perkuliahan pengelolaan laboratorium (silabus dan RPS) | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 |
Prosentase buku petunjuk pengelolaan laboratorium | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 | ||
Program magang mahasiswa sebagai pengelola laboratorium | Prosentase jumlah mahasiswa magang sebagai laboran | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 | |
Program TOT yang terstandar sebagai pengelola laboratorium | Prosentase jumlah mahasiswa yang ikut TOT pengelola laboratorium | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 | |
Tujuan 3. Menghasilkan sarjana pendidikan biologi yang memiliki bekal pengetahuan, sikap dan keterampilan berwirausaha dalam bidang biologi berbasis biosains dan bioteknologi yang peka terhadap kebutuhan masyarakat dan perkembangan Ipteks | |||||||
Sasaran 3.1 Peningkatan Kompetensi SDM dalam program entrepreneur berbasis bioteknologi | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
Peningkatan dan pengembangan SDM dalam program entrepreneur berbasis bioteknologi | Program peningkatan kompetensi dosen dalam program entrepreneur berbasis bioteknologi | Prosentase pelatihan dosen dalam entrepreneur berbasis bioteknologi | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 |
Prosentase pelatihan dosen kegiatan produksi dan pemasaran | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 | ||
Sasaran 3.2 Pengembangan kurikulum yang mendukung pada kemampuan maha siswa berwirausaha | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
Penyediaan kurikulum biotentrepreneurship | Pelaksanaan perkuliahan biotentrepreneurship | Ketersediaan perangkat pembelajaran biotentrepreneurship | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 |
Pelaksanaan praktek biotentrepreneurship | Jumlah macam produksi dari kegiatan perkuliahan biotentrepreneurship | 2 | 3 | 8 | 10 | 12 | |
Sasaran 3.3 Peningkatan kerjasama pengembangan bisnis dan entrepreneur | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
|
|
|
|
|
|
|
|
Peningkatan dan pengembangan kerjasama bisnis dan entrepreneur di bidang biologi | Menjalin kerjasama kewirausahaan di bidang biologi dengan stakeholder | Jumlah kerjasama wirausaha di bidang biologi | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
Sasaran 3.4 Peningkatan sarana dan prasarana unit kewirausahaan biologi | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
Peningkatan dan pengembangan ruang kewirausahaan biologi | Penyediaan ruang, peralatan dan bahan kewirausahaan biologi | Prosentase jumlah alat dan bahan untuk kegiatan wirausaha di bidang biologi | 30 | 35 | 40 | 60 | 100 |
Jumlah ruang untuk kegiatan wirausaha di bidang biologi | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | ||
Penyediaan fasilitas kerjasama kewirausahaan biologi | Jumlah media promosi kegiatan wirausaha di bidang biologi | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |
Tujuan 4. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan biologi dan biosain yang mendukung perkembangan Ipteks dan kehidupan masyarakat berwawasan global, program studi rujukan dalam menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang relevan dengan bidang profesi kependidikan biologi, biosains, dan bioteknologi. | |||||||
Sasaran 4.1 Peningkatan sarana prasarana yang mendukung penelitian dan pengabdian | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
Peningkatan dan pengembangan laboratorium dan ruang kelas yang mendukung penelitian dan pengabdian dosen | Program penyediaan alat dan bahan penelitian dosen | Jumlah dosen yang terfalisitasi dalam kegiatan penelitian dan pengabdian | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 |
Peningkatan standar peralataan laboratorium yang mendukung penelitian dosen | Jumlah peralatan dan bahan yang mendukung penelitian dan pengabdian dosen | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 | |
Sasaran 4.2 Peningkatan SDM dalam kegiatan penelitian dan pengabdian | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
Peningkatan kualtias dosen dalam menyusun proposal peneltiian dan pengabdian | Program pelatihan penyusunan proposal penelitian dan pengabdian | Jumlah dosen yang menyusun proposal peneltiian dan pengabdian | 100 | 100 | 100 | 100 | 100 |
Program pendampingan penyusunan proposal penelitian dan pengabdian | Jumlah proposal dosen yang terkirim ke Kemeristekdikti | 3 | 4 | 7 | 10 | 12 | |
Peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian dosen | Porgram meningkatkan kualtias penelitian dan pengabdian dosen | Jumlah proposal dosen yang didanai Kemeristekdikti | 2 | 4 | 5 | 7 | 12 |
Jumlah publikasi dosen yang terindeks scopus | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | ||
Sasaran 4.3 Pengembangan kerjasama penelitian dan pengabdian | |||||||
Strategi | Rencana operasional | Indikator capaian | Tahun | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||
Peningkatan dan pengembangan jejaring penelitian dan pengabdian | Meningkatkan kerjasama penelitian dan pengabdian | Jumlah kerjasama penelitian dan pengabdian | 4 | 6 | 10 | 15 | 20 |
| Melaksanakan kerjasama penelitian dan pengabdian dengan stakeholder | Porsentase Jumlah penelitian dan pengabdian yang bekerjasama dengan stakeholder | 40 | 60 | 70 | 80 | 90 |