• (0281) 636751,630463,634424
  • agroteknologi@ump.ac.id
  • Jl. Raya Dukuhwaluh
    Kec.Kembaran Banyumas

STRUKTUR ORGANISASI SISTEM PENJAMINAN MUTU FAKULTAS DAN PROGRAM STUDI

 


 

Penjelasan Struktur Organisasi Sistem Penjaminan Mutu Fakultas dan Program Studi:

1. Dekan memegang komando dan menjamin terlaksananya Penjaminan Mutu di tingkat Fakultas. Dalam melaksanakan fungsinya Dekan harus selalu mengembangkan upaya koordinasi-koordinatif dengan Senat Fakultas.

2. Tim Penjaminan Mutu Fakultas (TPMF) merupakan pelaksana Penjaminan Mutu Fakultas dan bertugas membantu Dekan dalam peningkatan Mutu Akademik Jurusan. Struktur Tim Penjaminan Mutu Fakultas atas Ketua, Sekretaris dan Anggota.

3. Dilevel Program Studi Tim Penjaminan Mutu Program Studi (TPMPS) bertanggung jawab terhadap pelaksanaan Penjaminan Mutu Akademik di tingkat Program Studi. Dalam melaksanakan tugasnya Tim Penjaminan Mutu Program Studi selalu melakukan upaya koordinasi-konsultatif dengan Tim Penjaminan Mutu Fakultas, selain itu Tim Penjaminan Mutu Program Studi dalam melaksanakan fungsinya bertanggung jawab kepada Ketua Program Studi.

Deskripsi Tugas Struktur Organisasi Sistem Penjaminan Mutu Fakultas

a) Senat Fakultas

Setiap tahun Senat Fakultas menerima Laporan Evaluasi Diri serta Laporan Audit Internal Mutu Akademik dari Dekan. Senat Fakultas akan mempelajari kedua laporan tersebut dan menentukan kebijakan dan peraturan baru di tingkat Fakultas untuk peningkatan mutu pendidikan.

b) Dekan

1. Bertanggung jawab atas terjaminnya Mutu Akademik Fakultas;

2. Melaksanakan/menindaklanjuti Laporan Audit Mutu tingkat Fakultas termasuk permintaan tingkat koreksi;

3. Melakukan koordinasi tindaklanjut atas permintaan tindakan koreksi, membuat keputusan dalam batas kewenangannya serta memobilisasi sumber daya di Fakultas untuk melaksanakan keputusan tersebut.

c) Tim Penjaminan Mutu Fakultas (TPMF)

1. Membantu Dekan dalam peningkatan Mutu Akademik Fakultas;

2. Menyusun dokumen kebijakan, peraturan, standard dan manual prosedur akademik tingkat Fakultas;

3. Menyusun Laporan Evaluasi Diri Fakultas berdasarkan Laporan Evaluasi Diri Jurusan dan EPSBED (Laporan Elektronik Evaluasi Diri Program Studi Berbasis Evaluasi Diri) Jurusan tiap semester;

4. Menyiapkan Audit Internal Mutu Akademik (AIMA);

5. Peningkatan Mutu Fakultas berkelanjutan berdasarkan rumusan koreksi.

Struktur Organisasi Tim Penjaminan Mutu Fakultas terdiri atas Ketua, Sekretaris dan Anggota yang deskripsi tugasnya sebagai berikut :

1. Ketua

Ø Melaksanakan koordinasi, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh staf TPMF-Fakultas.

Ø Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas TPMF-Fakultas dan melaporkan kepada Dekan.

2. Sekretaris

Ø Membantu Ketua TPMF dalam perencanaan, koordinasi, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan berikut anggarannya.

Ø  Bertanggung jawab dalam pelaksanaan surat-menyurat yang berkaitan dengan TPMF dan mengarsipkannya.

Ø  Bertanggung jawaab dalam perencanaan, pelaksanaan dan hasil agenda rapat rutin, rapat koordinasi dan rapat evaluasi kegiatan.

Ø  Menyusun konsep laporan kegiatan setiap semester.

Ø  Bertanggung jawab kepada Ketua TPMF-Fakultas.

3. Anggota

Ø  Mengembangkan SPMA Fakultas dan implementasinya.

Ø  Mengembangkan Sistem Monevin pengelolaan PHK dan pelaporannya.

Ø  Mengkoordinasikan Standarisasi Akreditasi Fakultas S-1.

Ø  Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan terkait SPMA maupun Monevin PHK.

Ø  Mengembangkan Sistem Layanan Masyarakat.

Ø  Melaksanakan Audit Sistem dan Kepatuhan.

Ø  Mengembangkan dokumen Sistem Penjaminan Mutu.

Ø  Mengembangkan Konsep Sistem Reward dan Early Warning.

d) Ketua Program Studi

1.  Bertanggung jawab atas terjaminnya Mutu Akademik Program Studi;

2.  Melaksanakan/menindaklanjuti laporan Audit Mutu tingkat Program Studi termasuk permintaan tindakan koreksi;

3. Melakukan koordinasi tindak lanjut atas permintaan tindakan koreksi, membuat keputusan dalam batas kewenangannya, serta memobilisasi sumber daya Program Studi untuk melaksanakan keputusan tersebut.

e) Tim Penjaminan Mutu Program Studi (TPMPS)

1. Menyusun dokumen spesifikasi Program Studi, manual Prosedur (MP), Instruksi kerja (IK) yang sesuai Standar Akademik, Manual Mutu Akademik dan Manual Porsedur di tingkat Fakultas;

2. Menyusun Laporan Evaluasi Diri Program Studi dan EPSBED (Laporan Elektronik Evaluasi Diri Program Studi Berbasis Evaluasi Diri) Program Studi tiap semester;

3. Menyiapkan Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) Program Studi ;

     4. Meningkatkan Mutu Program Studi berkelanjutan berdasarkan rumusan koreksi

Alamat