• (0281) 636751,630463,634424
  • agroteknologi@ump.ac.id
  • Jl. Raya Dukuhwaluh
    Kec.Kembaran Banyumas

Visitasi Asesor ke Fakultas Pertanian

03 November 2017 Berita

Akreditasi atau pentauliahan adalah suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan.

Salah satu contoh akreditasi adalah akreditasi pada metode tes laboratorium dan sertifikasi 

spesialis yang diperbolehkan mengeluarkan sertifikat resmi suatu yang telah memiliki standar.

AKADEMIK OK, EKSTRAKURIKULER OK

06 September 2017 Berita
Hari Jumat tanggal 28 Juli 2017 salah satu mahsiswa Program Studi Agroteknologi UMP semester VII saudara “Rudi Prayugo” terlantik sebagai Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa “UKM” Pecinta Alam Satria UMP. Yang sebelumnya pada bulan lalu teman satu kelas dari Rudi yang bernama “Akhmad Khoerudin” juga terlantik sebagai ketua umum UKM Olah Raga UMP.

‘Rudi Prayogo’ Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang Menjadi Kader Konservasi Sumber Daya Alam

10 May 2017 Berita

Seperti yang dituturkan oleh Rudi Prayugo, mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto angkatan 2014, bahwa pada tanggal 21-23 Maret 2017 telah  mengikuti kegiatan Pembentukan Kader Konservasi Tingkat Pemula. Acara tersebut berlangsung di Hotel Atria Magelang dan diselenggarakan oleh Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah. Peserta yang mengikuti acara tersebut adalah delegasi dari kelompok pecinta alam, aktivis lingkungan dan warga sipil yang mendapat undangan  dari pihak BKSDA Jawa tengan dengan total peserta sebanyak 20 orang. Dalam acara pembentukan kader ini Rudi Prayugo berangkat atas delegasi dari MAPALA SATRIA UMP bersama satu lagi rekannya yaitu Aisyah (Mahasiswa Prodi PGSD UMP Semester VI). Dengan mengikuti kegiatan tersebut maka resmi menjadi Kader Konservasi Sumber Daya Alam dengan NO : 1754/11/BKSDA/PL/2017 Atas Nama Rudi Prayugo dan NO :1751/11/BKSDA/PL/2017 Atas Nama Aisyah.

 

 

KERJA PRAKTEK DI SEAMEO BIOTROP

17 April 2017 Berita

SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) adalah Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara) yang didirikan pada tahun 1965 melalui SEAMEO Charter yang ditandatangani oleh 7 negara di Asia Tenggara. Dengan terbentuk SEAMEO, maka dibentuklah pusat-pusat di negara-negara Asia Tenggara yang saat ini berjumlah 17 pusat dan 3 network termasuk SEAMEO-BIOTROP. Negara-negara anggota SEAMEO adalah Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippina, Singapura, Thailand, dan Vietnam serta 6 negara sahabat (Associate Members Countries) yaitu Australia, Selandia Baru, Kanada, Belanda, Jerman, dan Perancis.

Program Pengembangan Keunggulan Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UM Purwokerto Implementasi Agropreneurship Melalui Produksi Beras Organik Dengan Sistim “Sri” (System Of Rice Intensification)

17 April 2017 Berita

Padi merupakan salah satu tanaman paling penting didunia. Intensifikasi padi di Asia sejak pertengahan 1960-an yang terlibat dalam peningkatan jumlah hasil panen per tahun per siklus tanam. Peningkatan hasil ini didapatkan dari kombinasi penggunaan varietas unggul, aplikasi pupuk yang sesuai dan pengendalian organisme pengganggu tanaman (Cassman dan Pingali, 1995). Namun banyak kasus produksi padi sawah akhir-akhir ini, di mana petani pengadopsi teknologi modern, telah mengalami stagnasi hasil sejak pertengahan 1980 an (Cassman dan Dobermann, 2001). Berbagai macam kajian telah ditawarkan untuk menyelesaikan masalah ini salah satunya adalah pola pertanian padi dengan menggunakan SRI (System of Rice Intensification) .

Agrotech Festival

11 April 2017 Berita

Agrotech Festival merupakan salah satu program kerja dari HMPS Agroteknologi khususnya Staff Kewirausahaan bidang Kelembagaan. Yang dilaksanaka pada tanggal 9-10 Desember 2016 bertempat di halaman Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Program Desa Binaan Di Desa Bojongsari

11 April 2017 Berita

Program ini merupakan program kerja HIMAGROTEK yang diadakan di desa Bojongsari. Program ini dilakukan dengan diadakannya pelatihan hidroponik di desa tersebut, dengan harapan didesa tersebut masyarakatnya mampu menguasai budidaya dengan metodenhidroponik.

Pelatihan Hidroponik Di Smk Negeri 1 Purwokerto

11 April 2017 Berita

Menanam dengan sistem hidroponik merupakan menanam menggunakan media air atau tenaga kerja air. Teknik hidroponik berarti kita bercocok tanam dengan memperhatikan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman yang bersangkutan, atau istilah lainnya bercocok tanam tanpa tanah tetapi menggunakan air yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Kunjungan Dinas

11 April 2017 Berita

Kunjungan dinas merupakan program kerja dari bidang eksternal, dimana kunjungan dinas ini bertujuan untuk mencari tahu tentang informasi pertanian yang ada di Kabupaten Banyumas. Informasi tentang pertanian ini nantinya akan kita buat menjadi artikel yang akan di informasikan keseluruh mahasiswa pertanian melalui media berupa mading dan juga website HMPS Agroteknologi. Kunjungan dinas ini kita lakukan dengan maksud agar memperoleh informasi terbaru tentang pertanian yang ada di Kabupaten Banyumas dan juga ikut menyebar luaskan program pemerintah tentang pertanian yang telah dilakukan dinas. Kegiatan ini dilakukan setiap satu bulan sekali.

LKTI HMPS Agroteknologi UMP 2016

11 April 2017 Berita

Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa Pertanian Se-Jateng DIY HMPS Agroteknologi UMP 2016. Lomba karya tulis ilmiah HMPS Agroteknologi UMP 2016 merupakan rangkaian acara dari program kerja bidang eksternal HMPS Agroteknologi bersama dengan seminar regional dan Agro-festival.

Berita

Alamat