• (0281) 636751,630463,634424
  • agroteknologi@ump.ac.id
  • Jl. Raya Dukuhwaluh
    Kec.Kembaran Banyumas

Jagung Transgenik

11 April 2017 Artikel

Di Indonesia padi merupakan bahan pangan nomor satu, tetapi tidak menutup kemungkinan juga jagung menjadi bahan pangan paling dibutuhkan setelah padi. Karena jagung tidak hanya digunakan untuk makanan saja, di dalam industri pakan, susu, minyak, kesehatan dan bahkan untuk produk fermentasi. Hal tersebut mengakibatkan kebutuhan akan bahan pangan ini akan terus meningkat berhubung dengan negara kita yang dari tahun ke tahun melonjak tinggi angka pertumbuhannya. Untuk memenuhi kebutuhan jagung yang luar biasa tersebut, Indonesia mengimpor dari luar negeri. Tentu saja nanti pasti akan berdampak buruk pada penyediaan jagung dalam negeri.

Potensi Lokal Budidaya Jamur Tiram

11 April 2017 Artikel

Jamur tiram ( pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasiodiomycetes . Dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkarang mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.

Bioteknologi konvensional “nata de coco”

11 April 2017 Artikel

Pemanfaatan limbah pengolahan kelapa berupa air kelapa merupakan cara mengoptimalkan pemanfaatan buah kelapa. Limbah air kelapa baik digunakan untuk substrat pembuatan nata de coco. Nata de coco merupakan hasil inovasi bioteknologi melalui proses fermentasi air kelapa dengan bantuan aktivitas bakteri Acetobacter xylinum.

Bioteknologi Pagan Mentega

11 April 2017 Artikel

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Mentega adalah makanan produk susu, dibuat dengan mengaduk krim yang didapat dari susu. Mentega atau butter adalah produk berbahan baku susu ternak. Umumnya dari ternak sapi, kerbau, domba, dan kambing. Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3744-1995), mentega adalah produk makanan yang berbentuk lunak yang dibuat dari lemak atau krim susu atau campurannya tanpa menambahkan garam (NaCl) atau bahan lain yang diizinkan, serta minimal mengandung 80% 

Hubungan pertanian dengan kewirausahaan teknik budidaya cabe merah

30 November 2016 Artikel

Produksi cabai nasional didominasi oleh cabai besar. Dari produksi 1,2  sampai 1,9 juta ton per tahun 800 ribu ton diantaranya adalah cabai besar. Selain dibutuhkan konsumsi segar, cabai besar juga diperlukan untuk industri saus. Kebutuhan cabai besar untuk saus nasional per hari tidak kurang dari 100 ton atau 3.600 ton per tahun. Keberadaan cabai besar tidak dapat disubtitusikan oleh komoditas lain sekalipun oleh

Pemanfaatan Pepaya Menjadi Manisan Carica

11 April 2017 Artikel

Pepaya adalah monodioecious (berumah tunggal sekaliguis berumah dua). dengan tiga kelamin:tumbuhan jantan, betina, dan banci (hermafrodit) bentuk buahnya akan membulat bila dihasilkan oleh tumbuhan betina dan oval atau memanjang dihasilkan oleh pepaya banci. Daging buahnya berwarna kuning hingga warna merah tergantung pada sepesiesnya. 

Pemanfaatan Ketela Pohon Sebagai Olahan Makanan

11 April 2017 Artikel

Ketela pohon adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Ketela pohon bisa dimanfaatkan dalam berbagai macam olahan makanan ringan maupun berat. Contoh untuk pemanfaatan olahan ketela pohon yaitu keripik singkong, kue getuk lindri singkong, kue klepon singkong, kue sawut singkong, cimplung singkong, tiwul, dan masih banyak yang lainnya.

Bioteknologi

11 April 2017 Artikel

Bioteknologi adalah ilmu terapan yang melibatkan disiplin ilmu mikrobiologi, biokimia, genetika, dan biomolekuler. Definisi bioteknologi secara klasik atau konvensional adalah teknologi yang memanfaatkanagen hayati atau bagian-bagiannya untuk menghasilkan barang dan jasa dalam skala industri untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sedangkan jika ditinjau secara modern, bioteknologi adalah pemanfaatan agen hayati atau bagian-bagian yang telahdirekayasa secara in vitro untuk menghasilkan barang dan jasa pada skala industri.

Artikel

Alamat