• (0281) 636751,630463,634424
  • agroteknologi@ump.ac.id
  • Jl. Raya Dukuhwaluh
    Kec.Kembaran Banyumas

KERJA PRAKTEK DI SEAMEO BIOTROP

by 1609 Views
Rate this item
(0 votes)

SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) adalah Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara) yang didirikan pada tahun 1965 melalui SEAMEO Charter yang ditandatangani oleh 7 negara di Asia Tenggara. Dengan terbentuk SEAMEO, maka dibentuklah pusat-pusat di negara-negara Asia Tenggara yang saat ini berjumlah 17 pusat dan 3 network termasuk SEAMEO-BIOTROP. Negara-negara anggota SEAMEO adalah Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippina, Singapura, Thailand, dan Vietnam serta 6 negara sahabat (Associate Members Countries) yaitu Australia, Selandia Baru, Kanada, Belanda, Jerman, dan Perancis.

Terdapat beberapa laboratorium riset yang diperbolehkan untuk kerja praktik mahasiswa di SEAMEO BIOTROP yang berkantor di Bogor ini.  Namun pada kesempatan ini, saya dan teman-teman mengambil kerja praktik di Laboratorium Riset Hidroponik. Alasan mengambil konsentrasi tersebut salah satunya karena hidroponik merupakan unggulan di Fakultas Pertanian, sehingga saya ingin belajar lebih banyak mengenai hidroponik. Di Laboratorium Riset Hidroponik, sistem hidroponik yang diterapkan ialah sistem NFT dan Fertigasi. Sistem NFT ini digunakan untuk menanam sayuran daun seperti kangkung, bayam merah, bayam hijau, seledri, kailan, kale, pakchoy, selada hijau, selada merah, selada daun kepala, selada daun panjang, dan caisin. Sedangkan sistem Fertigasi digunakan untuk menanam sayuran dan buah seperti tomat, cabai rawit, terung putih, terung hijau bulat, terung ungu, semangka, melon dan timun.

 

Kegiatan dalam kerja praktik diantaranya persiapan alat dan bahan, penyemaian benih, pemindahan benih ke instalasi penyemaian, pemindahan bibit ke instalasi hidroponik, pembuatan nutrisi, penambahan nutrisi, pengukuran pH dan kepekatan nutrisi, pemangkasan, penyemprotan hormon, pengendalian hama dan penyakit hingga pemanenan, pengemasan hingga penjualan hasil panen. Selain kegiatan tersebut, terdapat juga kunjungan dari sekolah-sekolah, kelompok masyarakat, sampai tamu-tamu penting lainnya. Sehingga mahasiswa yang sedang melakukan kerja praktik, dapat belajar bagaimana cara menyambut dan menjelaskan berbagai macam hal mengenai hidroponik yang ada di Laboratorium Riset Hidroponik.

 

 

 

Alamat