• (0281) 636751,630463,634424
  • agroteknologi@ump.ac.id
  • Jl. Raya Dukuhwaluh
    Kec.Kembaran Banyumas

Program Pengembangan Keunggulan Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UM Purwokerto Implementasi Agropreneurship Melalui Produksi Beras Organik Dengan Sistim “Sri” (System Of Rice Intensification)

by 1312 Views
Rate this item
(0 votes)

Padi merupakan salah satu tanaman paling penting didunia. Intensifikasi padi di Asia sejak pertengahan 1960-an yang terlibat dalam peningkatan jumlah hasil panen per tahun per siklus tanam. Peningkatan hasil ini didapatkan dari kombinasi penggunaan varietas unggul, aplikasi pupuk yang sesuai dan pengendalian organisme pengganggu tanaman (Cassman dan Pingali, 1995). Namun banyak kasus produksi padi sawah akhir-akhir ini, di mana petani pengadopsi teknologi modern, telah mengalami stagnasi hasil sejak pertengahan 1980 an (Cassman dan Dobermann, 2001). Berbagai macam kajian telah ditawarkan untuk menyelesaikan masalah ini salah satunya adalah pola pertanian padi dengan menggunakan SRI (System of Rice Intensification) .

Pemilihan metode budidaya padi organik secara SRI bisa menghasilkan produk akhir berupa beras organik yang memiliki kualitas tinggi sebagai beras sehat, dilihat dari beberapa aspek berikut: (1) aspek lingkungan, dengan menghilangkan penggunaan pupuk dan obat-obatan kimia dan manajemen penggunaan air yang terukur secara tidak langsung telah membantu mengkonservasi lingkungan; (2) aspek kesehatan, bagi konsumen produk yang dihasilkan akan lebih sehat dan menyehatkan, karena tidak terkandung residu zat kimia berbahaya yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dalam tubuh manusia; (3) produktivitas tinggi, bagi produsen atau petani, penerapan metode ini bisa meningkatkan hasil panen yang pada giliranya menghasilkan keuntungan maksimal; dan (4) kualitas yang tinggi, produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih baik dibanding dengan produk konvensional, sehingga harganya pun tentunya akan lebih baik. Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian UM Purwokerto mengangkat teknologi ini sebagai salah satu program pengembangan keunggulan prodi. Tujuan dari program ini adalah terbentuknya sistem budidaya padi dengan sistem SRI (System of Rice Intensification) sebagai upaya Prodi Agroteknologi mewujudkan visi pertanian berkelanjutan. Ditandai dengan hasil produksi padi yang hemat air, hemat biaya, hemat waktu, produksi meningkat, dan ramah lingkungan. Program yang melibatkan mahasiswa ini merupakan program jangka panjang (4 tahun), karena untuk memulihkan lahan sawah yang terlanjur digunakan untuk budidaya padi konvensional berbasis input pupuk dan pestisida kimia berdosis tinggi, perlu tenggang waktu untuk recovery minimal 4 tahun.

Alamat