• (0281) 636751,630463,634424
  • agroteknologi@ump.ac.id
  • Jl. Raya Dukuhwaluh
    Kec.Kembaran Banyumas

Pelatihan Hidroponik Di Smk Negeri 1 Purwokerto

by Berita 1324 Views
Rate this item
(0 votes)

Menanam dengan sistem hidroponik merupakan menanam menggunakan media air atau tenaga kerja air. Teknik hidroponik berarti kita bercocok tanam dengan memperhatikan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman yang bersangkutan, atau istilah lainnya bercocok tanam tanpa tanah tetapi menggunakan air yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Di mana pun tumbuhnya sebuah tanaman akan tetap dapat tumbuh dengan baik apabila nutrisi (unsur hara) yang dibutuhkan selalu tercukupi. Saat ini, pertanian di Indonesia mengalami berbagai permasalahan, diantaranya pertanian dianggap sebagai sektor yang kurang menjanjikan bagi kesejahteraan hidup, kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, lahan pertanian yang semakin berkurang, dan lain sebagainya.

Generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang nantinya akan melanjutkan para pejuang-pejuang petani di masa yang akan datang. Pada kesempatan kali ini HMPS AGROTEKNOLOGI mengadakan kegiatan menyongsong generasi muda untuk bisa mengatasi problema-problema yang disebutkan diatas, yaitu mengadakan acara pelatihan hidroponik yang bertemakan “Bersama Generasi Muda Mengembangkan Sistem Pertanian Modern.” Yang bertempat di SMK Negeri 1 Purwokerto. Acara ini merupakan salah satu program kerja dari HMPS AGROTEKNOLOGI  dari bidang kemahasiswaan dengan ketua panitia Muhammad Hidayatulloh. 

“…dengan diadakannya acara ini diharapkan nantinya bisa meningkatkan wawasan dan pengetahuan generasi muda tentang bertani secara modern, bertani yang asik, dan memacu keinginan mereka untuk berkecimbrung di dunia pertanian” cetus Hida dalam sambutannya.

Dalam event ini peserta dihadiri oleh mahasiswa program studi Agroteknologi dan perwakilan siswa/i SMKN 1 Purwokerto. Pemateri didatangkan dari akademisi sekaligus dosen Agroteknologi fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto yaitu Ir. Bambang Nugroho, M.P. Beliau merupakan salah satu dosen yang menggeluti bidang hidroponik. Seminar berlangsung dengan lancar yang pada akhirnya dilanjutkan dengan sesi pelatihan yang dipimpin langsung oleh bapak Bambang. Dalam sesi pelatihan peserta terlihat antusias, disana peserta dilatih untuk membuat media tanam hidroponik, dari memotong rockwoll, menanam benih, sampai pada cara mengatur dosis nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.

 

 

 

 

Alamat