• (0281) 636751,630463,634424
  • agroteknologi@ump.ac.id
  • Jl. Raya Dukuhwaluh
    Kec.Kembaran Banyumas

Potensi Lokal Budidaya Jamur Tiram

Rate this item
(0 votes)

Jamur tiram ( pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasiodiomycetes . Dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkarang mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.

Di alam bebas , jamur tiram bisa dijumpai hampir sepanjang di hutan pegunungan  daerah yang sejuk. Tubuh buah terlihat saling bertumpukan di permukaan batang pohon yang sudah melapuk atau pokok batang pohon yang sudah ditebang karena jamur tiram adalah salah satu jenis jamur kayu. Namun untuk saat ini sudah banyak yang membudidayakan karena daya jualnya yang sangat mengguntungkan bagi yang yang membudidayakan. Jamur tiram  dibudidayakan oleh masyarakat dengan mengunakan sebuk  gergaji. Tentunya dengan metode penanaman menggunakan serbuk gergaji ini dapat menghemat tempat. Budidaya jamur tiram sudah banyak  diminati oleh masyarakat karena sangat menguntungkan bagi masyarakat . Inovasi lain dari jamur tiram misalnya sebagai bahan sayur mayur, membuat krispi jamur atau camilan ringan. Pemanenan jamur tiram harus dilakukan pada saat yang tepat agar diperoleh kualitas jamur yang benar-benar baik .

Sebelum  memanen ciri-cirinya adalah tudung jamur belum mekar ( ditandai pada bagian tudung jamur masih terlihat utuh atau belum pecah-pecah ), warna jamur tiram belum pudar, spora belum dilepaskan, tekstur masih kokoh dan lentur, dan ukuran jamur tiram yang siap panen rata-rata berdiameter 5-10 cm. Jamur tiram dapat di komsumsi oleh masyarakat dari anak-anak sampai dewasa. Manfaat jamur tiram bagi kesehatan yaitu sebagai pengendali kolestrol jahat, meningkatkan imunitas tubuh, membantu melawan radikal bebas, asupan gizi bagi ibu hamil, penghancur virus tumor, sumber protein alternatif, membantu melindungi jantung dan menurunkan tekanan darah, pencegah penyakit kanker payudara, anti bakteri , mengurangi resikokanker prostat, dapat mengatasi liver, dapat menurunkan berat badan.  

 

 

Alamat