• (0281) 636751,630463,634424
  • agroteknologi@ump.ac.id
  • Jl. Raya Dukuhwaluh
    Kec.Kembaran Banyumas

Bioteknologi Pagan Mentega

by 1289 Views
Rate this item
(0 votes)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Mentega adalah makanan produk susu, dibuat dengan mengaduk krim yang didapat dari susu. Mentega atau butter adalah produk berbahan baku susu ternak. Umumnya dari ternak sapi, kerbau, domba, dan kambing. Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3744-1995), mentega adalah produk makanan yang berbentuk lunak yang dibuat dari lemak atau krim susu atau campurannya tanpa menambahkan garam (NaCl) atau bahan lain yang diizinkan, serta minimal mengandung 80% 

lemak susu, kadar air maksimal 1% dan MSNF (Milk Solid-Non-Fat) tidak lebih dari 2%. Selain garam dapur, ke dalam mentega juga ditambahkan vitamin, zat perwarna, dan bahan pengawet (misalnya sodium benzoat).Mentega biasanya digunakan sebagai olesan roti dan bikuit, sebagai perantara lemak dibeberapa resep roti dan masakan, bahkan digunakan untuk menggoreng.

Mentega memiliki manfaat bagi tubuh, mentega kaya akan asam laurat yang membantu mencegah tubuh mudah terinfeksi jamur, kaya akan antioksidan, sumber vitamin K, dan sumber vitamin A, zat besi, fosfor, natrium, kalium serta omega-3 dan omega-6. Lemak jenuh yang terdapat pada mentega juga ada yang baik bagi tubuh, yaitu membantu mencegah pembekuan darah dan tumor. Lemak baik terkandung dalam mentega juga dapat mencegah terhadap berbagai jenis kanker. Mentega sudah ditemukan berabad-abad, orang yang pertama-tama secara kebetulan melihat terjadinya mentega sewaktu membawa susu dalam kantong kulit di atas kuda. Akibat pengocokan ini maka terjadilah gumpalan lemak yang merupakan awal mentega. Mentega biasanya dipasarkan dalam krim manis atau krim asam. Perbedaan antara keduanya adalah pada saat proses pembuatanya. Pada saat pembuatan mentega manis tidak dilakukan mikroorganisme pembentuk aroma dan pembentuk asam lemak, sedangkan pada mentega asam dilakukan penambahan mikroorganisme Streptococcus Lactis dan Lectonosto cremoris yang membantu proses pengasaman.

 

 

Alamat