• (0281) 636751,630463,634424
  • agroteknologi@ump.ac.id
  • Jl. Raya Dukuhwaluh
    Kec.Kembaran Banyumas

Hubungan pertanian dengan kewirausahaan teknik budidaya cabe merah

by 1286 Views
Rate this item
(0 votes)

Produksi cabai nasional didominasi oleh cabai besar. Dari produksi 1,2  sampai 1,9 juta ton per tahun 800 ribu ton diantaranya adalah cabai besar. Selain dibutuhkan konsumsi segar, cabai besar juga diperlukan untuk industri saus. Kebutuhan cabai besar untuk saus nasional per hari tidak kurang dari 100 ton atau 3.600 ton per tahun. Keberadaan cabai besar tidak dapat disubtitusikan oleh komoditas lain sekalipun oleh

cabai kriting maupun cabai rawit. Ketika pasokannya kurang, konsumen langsung menjerit lantaran harganya yang mahal. Oleh karena itulah cabai besar pasti selalu tersedia di pasar setiap saat. Hal ini menunjukan peluang usaha cabai besar terus terbuka lebar. Tanaman komersial yang satu ini dibutuhkan cara dan saat budidaya yang tepat agar produksinya yang optimal. Untuk itu diperlukan varietas cabai besar yang jelas daya produksinya dan dapat diterima pasar. Namun tidak semua merek benih menawarkan jaminan keberhasilan baik pada saat dibudidaya maupun dipasarkan.

   Tidak sedikit  jenis cabai besar yang dihasilkan petani sulit dijual karena hasil panenya tidak disukai pasar. Hal ini berbeda dengan varietas cabai besar yang diproduksi oleh PT PERSUASIF Indonesia cap panah merah. Seluruh varietas yang dipasarkan telah diuji di berbagai lokasi dengan hasil tinggi dan produksinya sesuai permintaan pasar. Varietas-varietas inipun telah dilepas oleh pemerintah. Berbekal pengalaman selama 25 th di industri benih sayuran dan buah-buahan semusim, PT ini memberikan 7 varietas cabai besar hibrida bagi pengguna. Seluruh varietas cabai hibrida ini memiliki potensi hasil 16-22 ton per hektar.  

 

 

Alamat