• (0281) 636751,630463,634424
  • agroteknologi@ump.ac.id
  • Jl. Raya Dukuhwaluh
    Kec.Kembaran Banyumas

Pemanfaatan Pepaya Menjadi Manisan Carica

by 1270 Views
Rate this item
(0 votes)

Pepaya adalah monodioecious (berumah tunggal sekaliguis berumah dua). dengan tiga kelamin:tumbuhan jantan, betina, dan banci (hermafrodit) bentuk buahnya akan membulat bila dihasilkan oleh tumbuhan betina dan oval atau memanjang dihasilkan oleh pepaya banci. Daging buahnya berwarna kuning hingga warna merah tergantung pada sepesiesnya. 

Daging tersebut berasal dari karpela yang menebal. Pada bagan tengah buah berongga dengan biji berwrna hitam yang berlapis lendir(pulp) untuk mencegah kekeringan. Kandungn buah pepaya antara lain folat,vitamin A, agnesium, tembaga, asam pantotenat,vitamin B, vitamin E, dan vitamin K. Pepaya adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan dagian utara dari Amerika Selatan dan kini telah manyebar luas dan banyak ditanam di daerah tropis. Pepaya dimanfaatkan untuk anak2 atau orng2 yg membutuhan.karena pepaya bermanfaat antra lain sebaga pelncar bab,menjdi manisan(carica)dll.Buah itu diambil dan dibuat ketika buah itu setengah matang.karena pepaya jika dihidangkan dengancara biasa itu kelihatannya sangat membosankan tetapi jika dibuat menjadi manisan pasti orang2 akan tertark ingin mencobanya dan bagi wisatawan2 asing pasti akan tertarik ingin mencobanya.

MANFAAT DARI BUAH PEPAYA ITU:

1.       PEPAYA BAIK UNTU PENCERNAN

Karena pepay mengandung enzm papain. karena yg berfungsi untuk melancarkan pencernaan, selain itu pepaya jug mengandung sert dan kadar air yg tinggi sehingga sangat baik unuk mencegah sebelit dan mengontrol eteraturan bung air besar serta menyehatkan pencernaan

2.       DAPAT MENJADI ANTI INFLASI

Karena enzim anti inflasi yang terkandung dalam pepaya. maka pepaya dapat mengobati penderita arthritis, osteoporos, edama, untuk menghilangkan rasa sakit, serta dapat mencega kanker.

3.       PENCEGAHAN ASMA

Beta karoten yang banyak terkandung dalam pepaya dapat mengurangi pengembangan penyakit asma.

4.       DAPAT MEMBANTU MELARUTKAN SEL-SEL KULIT MATI DAN MEMBERIKAN KESEGARAN DAN KECERAHAN KULIT

Hal ini dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbul nya jerawat dengan cara daging buah pepaya difermentasi.

5.       MEMPERCEPAT PENYEMBUHAN LUKA

Enzim proteolitik chymopapain.yaitu yang terdapat pada pepaya berfungsi sama halnya seperti salep yang dapat digunakan untuk mempromosikan penyembuhan luka dan mencegah infeksi daerah kulit yang terluka.

6.       MEBNCEGAH PENYAKIT JANTUNG

Kanungn serat klium dan vitamin dalam pepay dapat membantu dalam mencegah penyit jantung.

7.       DAPAT MERANGSANG PERTUMBUHAN PAYUDARA 

Karena enzim yang dihasilkan oleh pepaya muda,kandungan vatmin A yang melipah pada pepaya mampu memberi rangsangan kepada indung telur untuk memproduksi hormon kewanitan sehingga kelenjar dan otot2 sekitar payudara menjadi kencang.

 

 

Alamat