• (0281) 636751,630463,634424
  • agroteknologi@ump.ac.id
  • Jl. Raya Dukuhwaluh
    Kec.Kembaran Banyumas

Pemanfaatan Ketela Pohon Sebagai Olahan Makanan

by 1526 Views
Rate this item
(0 votes)

Ketela pohon adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Ketela pohon bisa dimanfaatkan dalam berbagai macam olahan makanan ringan maupun berat. Contoh untuk pemanfaatan olahan ketela pohon yaitu keripik singkong, kue getuk lindri singkong, kue klepon singkong, kue sawut singkong, cimplung singkong, tiwul, dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu daun singkong juga bisa diolah sebagai makanan yaitu bisa untuk sayur daun singkong. Panen ketela pohon sendiri biasa dilakukan saat musim kemarau, karena kadar air akan rendah sedangkan kadar pati akan tinggi. Dan ketela pohon baru bisa dipanen dalam jangka waktu 6 bulan. Ketela pohon yang saya ambil merupakan hasil dari penanaman yang dimiliki fakultas pertanian universitas muhammadiyah purwokerto.Fakultas pertanian sendiri menanam ketela pohon di techno park. Dan ketela pohon yang ditanam merupakan ketela pohon berkualitas baik.

 

                Untuk pemasarannya sendiri itu bisa dilakukan dengan dijual dipasar dan  warung – warung terdekat. Sebelum pemasaran, biasanya diolah terlebih dahulu. ketela pohon bisa dijadikan sebagai bahan pengganti nasi, di indonesia sendiri budidaya makan singkong itu termasuk jarang bahkan bisa dikatakan aneh. Oleh sebab itu kita sebagai mahasiswa pertanian harus bisa mengolah singkong tersebut menjadi makanan yang berkelas atau bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi. Sementara itu, ketela pohon mempunyai kandungan gizi yang sangat banyak. Kandungan gizi yang dikandung contohnya ada protein, vitamin, dan karbohidrat. Dan ketela pohon memiliki kadar lemak lebih rendah dibandingkan sereal atau kacang – kacangan. Untuk dapat mengolah ketela pohon itu sendiri sangat mudah. Ketela pohon untuk saat ini masih sedikit peminatnya. Tetapi dengan mengolahnya unik dan menarik maka makanan hasil olahan ketela pohon akan menjadi makanan yang lezat, dan bergizi.

Alamat