• (0281) 636751,630463,634424
  • agroteknologi@ump.ac.id
  • Jl. Raya Dukuhwaluh
    Kec.Kembaran Banyumas

Bioteknologi

by 1392 Views
Rate this item
(0 votes)

Bioteknologi adalah ilmu terapan yang melibatkan disiplin ilmu mikrobiologi, biokimia, genetika, dan biomolekuler. Definisi bioteknologi secara klasik atau konvensional adalah teknologi yang memanfaatkanagen hayati atau bagian-bagiannya untuk menghasilkan barang dan jasa dalam skala industri untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sedangkan jika ditinjau secara modern, bioteknologi adalah pemanfaatan agen hayati atau bagian-bagian yang telahdirekayasa secara in vitro untuk menghasilkan barang dan jasa pada skala industri.

Bioteknologi dikembangkan untuk meningkatkan nilai bahan mentah dengan memanfaatkan kemampuan mikroorganisme atau bagian-bagiannya, misalnya bakteri dan kapang. Selain itu, bioteknologi juga memanfaatkan sel tumbuhan atau sel hewan yang dibiakkan sebagai bahan dasar berbagai proses industri.

*Bioteknologi untk bahan bakar alternatif

    Bioteknologi untuk bahan bakar alternatif yaitu hasil dari penguraian bakteri yang bisa di manfaatkan untuk digunakan sebagai bahan bakar alternatif,contohya BIOGAS

Biogas ini bisa kita maanfaatkan untuk kebutuan rumah tangga dalam proses memasak,dan untuk pembuatanya sendiri kita gunakan sisa sayuran dan sisa makanan yang nantinya kita fermentasi dalam reaktor dan kita maanfaatkan penguraan bakteri daam proses fermentasi yang menghasilkan gas metan dan nantinya kita gunakan untuk prose memasak.

 

Jadi jika kita bisa mengolah sampah dengan tepat maka sampah terebut bisa menguntungkan ,knapa bisa menguntungkan ?  ya dari proses penguraian bakteri tersebut kita bisa menggunakan gas metan untk memasak dan tentu itu bisa mengurangi biaya untuk pembelian gas elpigi

Alamat